Kontraktor Pameran dan Designer

Seorang Designer merupakan hal paling krusial untuk sebuah perusahaan kontraktor pameran. Hal ini mau tidak mau harus di yakini ditengah carut marutnya industri kreatif saat ini dimana harga sebuah design kadang tidak lebih dari harga sebuah sepatu bikinan cina bahkan malah di gratiskan. Designer dengan karya designnya merupakan “roh” dari sebuah service kontraktor pameran. Tapi kita musti mendefinisikan dulu siapa yang kita sebut kontraktor pameran ini.

Ada kontraktor pameran yang memberikan jasa “full service” dari brainstorm, men-design, sampai dengan proses produksi bahkan maintenance pada saat booth atau stage dsb berdiri. Namun ada juga kontraktor pameran yang hanya benar-benar membangun booth ataupun stand pameran namun design dan sebagainya di bawa dari klien. Jadi prosesnya hanya perhitungan biaya dan maintenance.

Untuk kontraktor bagian pertama maka jasa seorang designer adalah sangat krusial, bahkan kadang klien yang sudah mengenal “dapur” kontraktor pameran tersebut dan merasa cocok dengan karya design seorang designer akan meminta kepada kontraktor pameran tersebut untuk memakai hasil karyanya. Untuk seorang designer seperti inilah maka “bargaining position” dia akan naik, dia boleh berbangga bahwa portfolio-nya ternyata mendapatkan respon baik bahkan akan meningkatkan omzet perusahaan yang ujung-ujungnya di harapkan kesejahteraan designer tersebut ikut terdongkrak.

Namun hal ini kadang tidak sinkron dengan bisnis di industri ini sendiri. Nilai design kadang-kadang di gratiskan oleh kontraktor pameran, apalagi kalau pekerjaan produksi sudah di dapatkan. Hal ini sebenarnya kurang begitu pas, karena klien pun kadang jadi tidak ter-edukasi oleh pentingnya nilai sebuah design bagi suatu eksekusi produksi.Bahkan kadang nilai tersebut akan menjadi image dari perusahaan, apakah akan naik atau turun.

Nah.. kalo sudah gitu mau gimana? Kapan dong orang akan meng-apresiasi nilai sebuah design? Trus kapan kayanya? heheheh..

<D>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *