Dunia event dan bisnis Event Organizer atau EO baik Jakarta maupun di seluruh Indonesia sampai saat ini tampak semakin menggeliat bahkan mungkin sudah dalam kondisi akan berlari, indikasi ini terlihat dengan semakin banyaknya perusahaan (atau bahkan perseorangan) yang (dengan bangganya) menamakan dirinya adalah EO, hal ini dirasa kadang menggelikan karena definisi EO sendiripun memang kadang tidak jelas karena kata Event Organizer memang tidak mengacu ke service yang diberikan sebuah perusahaan saja tapi bisa ke perseorangan dengan rentang nilai project yang beragam, makanya “gelar” EO bisa berarti adalah perusahaan besar yang menggelar aktivasi brand ke 20 bahkan 50 titik diseluruh Indonesia dengan budget per titiknya 200 – 500 juta rupiah bahkan miliaran, atau “hanya sekedar” seseorang yang bikin backdrop dan pesen organ tunggal untuk menghibur acara sunatan sebelah rumah.

Tetapi bagaimanapun beragamnya indikasi ini cukup membuktikan bahwa bisnis di bidang event organizer masih sexy  dan sangat potensial untuk maju terutama di masa-masa mendatang.

Semua tentunya saling terkait dengan kondisi yang ada pada saat ini. Masyarakat yang semakin pintar tentunya sudah tidak mempan dengan komunikasi satu arah yang dilakukan oleh iklan, mereka butuh interaksi dengan produk atau merek yang beredar.

Korporasi sudah juga sadar bahwa acara internal yang sukses tentunya harus di handel oleh tim profesional, apalagi kalo berkaitan dengan karir (baca: “kalo acara pak direktur ini sukses bisa dapat poin bagus di jenjang karir)

Bahkan para aktor politik yang dulu tidak punya panggung beneran tapi cuma panggung virtual (panggung politik) sekarang beneran punya panggung untuk ingin lebih mendekat kepada rakyatnya, mulai dari yang panggung kelas RW (beneran ada nih bos di kampung saya) sampai yang sewa Gelora Bung Karno.. pokoknya citra saya bagus, urusan utang belakanganlah… dan lain sebagainya dan lain sebagainya….

Di jaman persaingan yang katanya serba susah ini EO atau event organizer (gede kecil gak usah di bahas lagi) jelas harus saling bersaing untuk berebut kue yang sebenarnya juga masih banyak, mereka saling bersaing baik dari sisi kreatif eksekusi, budget, relasi bahkan service “post event”nya. Banyaklah cara yang bisa di pakai untuk meng-gol kan sebuah project, menang pitching dsb. Dari sisi budget kadang saya melihat agak rentan, misal semua klien udah pinter dan “tau harga” mereka tidak bisa main banyak disitu (procurement sekarang udah pinter-pinter, mereka kayanya mau punya EO sendiri buat sambilan), dari relasi yaahh mungkin bisalah kalo dulu pernah bantuin bikin ultah ke-10 anaknya manager marcomm nya brand ini itu.. gratis pula, atau saya punya saudara direktur PT Maju Mundur dengan produk Balsem cap Panas Banget misalnya.

Dari service “post event”? ya tergantung culture perusahaan atau tergantung PIC dari klien, kebetulan PIC-nya orang shaleh yah tidak bisa dong..

Tapi yang saya lihat dari bidang ini yang membedakan dari bidang lain adalah kreatifitas, karena bagi saya kreatifitas itu asik dan gak semua orang bisa. Hanya orang-orang pilihan saja yang bisa berpikir kreatif dan lebih memberdayakan otak kanannya. Banyak industri kreatif di Indonesia, advertising, production house,graphic house adalah sebagian kecil saja yang bisa saya sebutkan…masih banyak yang lain, tapi asiknya kreatif di suatu event adalah kita bisa merasakan langsung dan berinteraksi dengan hal yang unik itu… misalnya..*ehm pada waktu ada event internal suatu perusahaan bertema Lord of The Rings saya bisa ngobrol dan berinteraksi dengan usher yang cantik dan di dress up seperti elf.. (lhoo mantap kan)

semua peserta eventnya pakai jubah kaya ksatria-ksatria di film itu, bahkan di stage nya ada patung argonath (kalo belum tau liat film LOTR 1) segede 6 meter, finishingnya persis batu lagi..

Itulah uniknya event..karena banyak bumbu-bumbu nya, dan bumbu dari event inilah yang semakin hari semakin menarik untuk dinikmati dan dirasakan, ada yang pedes, asin, asem, seger persis kaya nano-nano

Karena itulah artikel ini saya buat, hanya sekedar tempat sharing saya kalo nemu event yang aneh-aneh dan unik dengan bumbu-bumbunya yang menarik

Salam Hangat!

<D>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *