Event Organizer Jakarta : Awarding Night

Awarding Night adalah suatu istilah yang digunakan oleh event organizer jakarta maupun di tempat lain untuk menyebutkan suatu acara penganugerahan terhadap individu, team maupun korporasi terbaik yang berprestasi atau mempunyai suatu pencapaian dalam suatu bidang, baik itu bidang yang di lombakan atau mempunyai pencapaian yang berguna bagi masyarakat banyak.

Di sebuah perusahaan biasanya awarding night di selenggarakan berdampingan dengan acara-acara tertentu misalnya digabung dengan acara dinner dari suatu rangkaian acara Employee Gathering, Distributor Gathering, National Conference ataupun skala terkecil misalnya family outing departemen tertentu di dalam suatu perusahaan. Award nya pun bisa bermacam-macam, bisa yang serius dan bergengsi sampai yang hanya sekedar untuk fun dan membangun suasana kebersamaan dan kompetisi kecil-kecilan di antara karyawan.

Pada event yang fotonya terpampang di atas ini, awarding night yang diselenggarakan event organizer jakarta Bumbu Berkomunikasi ini merupakan salah satu acara awarding night yang serius dan cukup bergengsi. Bayangkan bahwa yang ikut dalam acara awarding night ini adalah korporasi-korporasi besar yang ada di Indonesia bahkan sampai dengan negara di sekitar Indonesia seperti Malaysia, Singapore dsb, sebut saja perusahaan-perusahaan seperti Astra International, Holcim, Indika Energy, Unilever termasuk salah satu diantaranya. Sedangkan perusahaan plat merah antara lain adalah PT Telkom Indonesia, Bukit Asam, Aneka Tambang, Pertamina dan masih banyak lagi. Sebenarnya apakah nama penghargaan yang diselenggarakan oleh event organizer jakarta ini?

Adalah NCSR atau kepanjangan dari National Center for Sustainablity Reporting yang dibentuk dengan tujuan membantu, mengembangkan, pengukuran dan pelaporan pelaksanaan CSR / Corporate Sustainability (CS)  yang terdiri dari perusahaan-perusahaan, organisasi dan individu profesional yang memiliki visi dan komitmen dalam menerapkan dan mengembangkan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. NCSR telah dinyatakan pada tanggal 23 Juni tahun 2005 oleh 5 (lima) organisasi independen besar yaitu Akuntan Manajemen Indonesia Institute (IAMI / prev IAI-KAM.), Asosiasi Indonesia-Belanda (INA), Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG) , Forum for Corporate Governance di Indonesia (FCGI) dan Public listed Companies Association (AEI).

Nah NCSR inilah dibantu event organizer jakarta membuat suatu acara penghargaan yang bernama ISRA atau Indonesia Sustainability Reporting Award, yang diikuti oleh organisasi yang mulai mengembangkan laporan keberlanjutan mereka sendiri dan mulai berkomunikasi pada kinerja sosial , lingkungan dan ekonomi untuk di laporkan kepada stakeholder maupun masyarakat umum. Penghargaan ini memasuki tahun kesembilan dan diadakan setiap tahun dimaksudkan untuk mempromosikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaporan berkelanjutan di Indonesia , dan untuk memberikan penghormatan juga kepada perusahaan-perusahaan yang telah mengembangkan dan menerbitkan laporan keberlanjutan. Nah yang disebut Sustainability Reporting itulah yang dirasa cukup penting untuk perusahaan yang ingin bermain di kelas dunia sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban mereka terhadap lingkungannya. hal inilah yang membuat perusahaan-perusahaan besar di Indonesia turut berpartisipasi dalam acara ini.

Dari sisi penyelenggaraan suatu acara dengan award yang cukup banyak dan bergengsi, serta di hadiri oleh top management perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maka jasa event organizer jakarta menjadi cukup penting. Karena dengan di handel secara profesional maka gengsi acara inipun menjadi terlihat lebih jelas dengan premium hospitality, kelancaran acara penghargaan, sentuhan hiburan yang menarik, serta pemilihan talent yang pas.

Faktor penting untuk memperlancar jalannya acara awarding dengan award sebanyak ini dengan kualitas Internasional adalah terutama dari sisi Show Management yang mumpuni, apalagi apabila setiap award didukung dengan visual multimedia yang mengiringinya. Event organizer jakarta harus membagi beberapa tim khusus untuk show management, di bagian belakang panggung seorang stage manager harus mengelola urut-urutan award dan talent (MC, dancer, penyanyi dll ) sesuai rundown, sedangkan di depan panggung atau FOH seorang show director harus memimpin tim multimedia, sound, lighting serta terus berkoordinasi dengan backstage dengan hitungan detik dan menit sehingga tersaji pergelaran acara penganugerahan atau awarding night yang lancar dan berstandar internasional.

Melihat rumitnya acara yang sebenarnya kalo dilihat dari kacamata umum terlihat sederhana ini, maka jasa event organizer jakarta ini sudah merupakan keharusan bagi sebuah perusahaan yang akan menyelenggarakan suatu acara yang berkelas. Tentunya dalam memilihpun harus berhati-hati, tentukan pilihan kepada calon partner yang benar-benar profesional dan mempunyai track record yang jelas..

Bagaimana dengan event organizer jakarta yang satu ini menurut Anda?

Salam Hangat!

<D>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *