Kontraktor Pameran dan EO Jakarta

EO Jakarta dan Kontraktor Pameran.. Bagaimana bisnis mereka bisa saling support? hehehe ni kasus sederhana..

Bisnis EO Jakarta dan Kontraktor Pameran merupakan dua bisnis jasa yang berbeda dari sisi service-nya, tapi kalau dilihat sebenernya EO Jakarta mempunyai service yang lebih luas, namun sampai saat ini masih jarang EO Jakarta yang bisa di sebut sebagai Event Organizer full service, bahkan rata-rata EO hanya mempunyai 3 divisi utama yaitu client service, creative dan tim produksi yang hanya bertindak sebagai supervisi di lapangan, bahkan ada EO jakarta yang masih One Man Show alias kerja dewe dengan kantor hanya berbentuk satu ruangan. Trus kerjaan yang lain kemana? ya di lempar lagi ke vendor-vendor yang lain, salah satunya kontraktor pameran. Memang kalau dilihat dari sisi efektifitas ya seperti itu, siapa sih yang mau overhead kantor membengkak karena man power dan kebutuhan macem-macem yang menggunung.

Di bisnis kepercayaan seperti sekarang ini, output dari keseluruhan event adalah hasil kerjasama yang baik antara Event Organizer dan vendor-vendornya. Kesungguhan kerja, berawal dari niat baik disertai supervisi yang kuat dengan leadership yang tinggi merupakan key point dari suatu event yang berjalan lancar dan sukses.

Sekedar bercerita aja beberapa saat yang lalu sebuah eo jakarta mendapatkan brief pitching exhibition yang cukup besar dari sebuah bank indonesia dengan deadline yang mepet yaitu kurang dari seminggu alias 3 hari kerja, sementara proses kreatif untuk konsep sendiri membutuhkan waktu untuk menentukan arah booth design, detail produksi, visual dsb. EO tersebut sudah berencana untuk mengundurkan diri dari pitching yang diselenggarakan tersebut karena beberapa vendor yang biasa kerjasama sedang banyak load pekerjaannya. 2 Hari sebelum pitch berlangsung ternyata ada satu kontraktor pameran di jakarta yang sanggup, bahkan dengan seluruh perhitungan produksinya. Walhasil EO tersebut akhirnya berhasil mengikuti pitching yang diselenggarakan dengan output proposal yang maksimal.

Cerita di atas adalah salah satu contoh pentingnya network dan kerjasama yang di landasi dengan niat baik dan saling mendukung antara Event Organizer dengan bisnis jasa yang lain, salah satunya Kontraktor Pameran.

<D>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *