Outbound training that “seriously fun”

Outbound training adalah salah satu cabang metode training yang menggunakan venue di luar ruang yang tujuannya meningkatkan performa individual ataupun kelompok dengan cara experiental learning. Kadang bisa disebut juga team building perusahaan atau juga bisa juga hanya disebut outbound saja. Dengan sebuah ” outbound training program ” yang baik di harapkan objective yang di buat akan tercapai dalam rentang waktu yang disediakan.

Key factor dalam outbound training adalah konsep dan team yang akan menghandel sebuah keseluruhan acara. Banyak provider – provider outbound training yang bagus di Indonesia, oleh karena itu banyak provider yang mulai memposisikan dirinya dengan berbagai service baru dalam outbound training dengan berbagai kemasan acara yang dibalut sedemikian rupa sehingga menarik dan tidak membosankan.

Misalnya sekarang ada yang menamakan service outbound training mereka “outboundtainment” dengan cara menggabungkan outbound training + entertainment atau hiburan pada saat acara berlangsung maupun sesudahnya. Melihat hal seperti ini kadang saya geli sendiri membayangkan berbagai turunan dari hal ini. Secara kreatif kita bisa sah-sah aja kalau membuat ide “outboundut”, “outboundrock” hehehe.

Bagi para pelaku industri kreatif seperti event organizer akan sangat bisa mengemas sebuah outbound training dan team building perusahaan menjadi sebuah kegiatan yang “seriously fun” seperti di judul artikel saya di atas, yang maksud saya adalah kemasan acara dengan konten yang serius, bahkan super serius tapi “how to deliver” dengan cara yang sangat fun.

Kembali lagi kreatifitas itulah yang nilainya mahal dan bisa menjadikan sebuah acara outbound training dijalankan dengan sukses. Pemilihan fasilitator yang komunikatif, trainer yang menyimpulkan dan memberikan motivasi, hospitality dan handling pada saat acara, pemilihan permainan outbound yang sesuai adalah sebuah hasil dari pemikiran dan kreatifitas sebuah grup creative yang mempunyai pengalaman yang cukup lama.

Dengan memilih partner provider outbound training  atau event organizer yang pas, proses kreatif ini bisa di gali lebih dalam antara panitia internal dengan vendornya sehingga tercipta sebuah acara Outbound Training that seriously fun! Banyak ide disekitar kita sehari-hari atau cerita, film yang inspiratif dan bisa kita aplikasikan dalam kegiatan seperti ini, tinggal pinter-pinternya creative team dalam menggodok dan menyajikannya ke klien yang punya gawe. Saya sendiri ada beberapa ide yang sampai saat ini masih belum di share berkenaan dengan  konsep kemasan outbound training, dan apabila itu teraplikasi mungkin pertama kali di laksanakan di Indonesia. Gak percaya? Ngobrol yuk…

Salam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *