Pameran : Apa yang sebenarnya terjadi?

Pameran berasal dari kata “pamer” adalah merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh sebuah brand atau merek, atau bisa juga sebuah perusahaan, usaha perseorangan, bahkan bisa juga sebuah institusi untuk bertemu dengan masyarakat atau orang supaya bisa terjadi interaksi atau bahkan mungkin apresiasi dari masyarakat atau individu yang dituju dalam pameran tersebut.

Menurut wikipedia pameran adalah :”suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas” selanjutnya di dalam wiki juga disebut “merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertiannya lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli. Adapun macam pameran itu adalah : showexhibitionexpo, pekan raya, fair, bazaar, pasar murah”

Sedangkan jenis-jenis pameran meliputi : tetap, keliling dan temporer yang tidak akan kita bahas satu persatu karena Anda bisa mendapatkannya di wiki. Dari penjelasan diatas ternyata banyak sekali fungsi dan kegunaan kegiatan tersebut, hal ini semakin penting lagi karena di jaman modern seperti sekarang ini yang semuanya bisa didapatkan secara instan melalui media online, ternyata masyarakat umum masih perlu untuk diberikan “sentuhan” nyata sebuah merek atau produk dsb sehingga masyarakat semakin yakin dengan apa yang di dapatkan informasinya melalui internet. Contoh sebuah produk terbaru handphone ber-spesifikasi tinggi dengan merek mendunia yang baru di launching, informasinya pasti bisa di dapatkan dengan mudah di internet, namun calon konsumen pasti harus merasakan pengalaman menggunakan mencoba handphone tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk membeli.

Sebenarnya hal ini dikarenakan kodrat manusia, manusia di kodratkan mempunyai 5 indra atau bahasa inggrisnya adalah “senses”, sebuah produk yang sukses harus mampu memberikan experience/ pengalaman sensasional kepada 5 indra manusia tersebut, itu menurut pendapat saya lho, nah pameran merupakan ajang untuk merangsang kelima indra itu untuk hingga akhirnya seseorang beralih atau memutuskan membeli sebuah produk atau merek. Hasil dari olah rasa kelima indra itulah yang memberikan stimulus dan menimbulkan persepsi. Persepsi positif itulah yang dicari dari sebuah produk di dalam pameran.

Maka dari itu pameran yang berhasil adalah kegiatan yang memberikan stimulus positif yang akhirnya berujung pada persepsi yang diterima juga positif. Makanya akan sangat penting bagi sebuah produk atau brand atau entah apalah untuk selalu memberikan stimulus positif dari setiap kegiatannya, oleh karena itulah kita harus secara teliti dan detail merencanakan dan mengeksekusi sebuah pameran, karena perencanaan dan eksekusi yang salah akan membawa efek yang buruk terhadap apa yang di pamerkan.

Nah bagaimanakah merencanakan pameran yang baik dan eksekusi meyakinkan sehingga sukses? itu bisa kita bahas dilain artikel…

Tapi yang jelas untuk menyelenggarakan sebuah pameran yang berhasil kita harus mencari partner yang profesional entah itu kontraktor, event organizer, spg event, atau yang lainnya… Ada rekomendasi gak? ya kamilah salah satunya hehehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *