Perayaan Imlek dan penyelenggaraannya

Perayaan Imlek adalah sebuah acara tahunan yang merupakan salah satu acara terpenting bagi orang Tionghoa dan keturunan Tionghoa di berbagai belahan dunia. Perayaan imlek merayakan datangnya hari pertama di bulan pertama berdasarkan kalender Cina, sekaligus merayakan datangnya musim semi. Di Indonesia, Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional ketika seluruh pegawai negeri, karyawan swasta, dan murid-murid sekolah mendapat jatah libur selama satu hari. Dan bagi sebuah perusahaan  merayakan tahun baru imlek ini dengan networkingnya merupakan salah satu agenda tahunan yang selalu diadakan.

Biasanya perayaan imlek oleh sebuah perusahaan tidak diselenggarakan pada malam tahun barunya, namun di sekitar tanggal-tanggal tersebut sekaligus digabungkan dengan acara yang lain, misalnya : distributor gathering, dealer gathering, kick off dsb yang sekaligus berfungsi untuk semakin mempererat hubungan bisnis dan forecast bisnis di masa yang akan datang.

Yang menjadi tantangan bagi event organizer pada acara ini adalah bagaimana mengemas sebuah acara yang kental dengan suasana perayaan Imlek namun mempunyai isi acara yang tepat disesuaikan dengan objective diberikan oleh klien. Bagaimana meramu spirit Imlek dengan objective acara yang intinya cenderung ke bisnis memerlukan sebuah pemikiran kreatif yang cukup panjang, apalagi mengaplikasikan dalam sebuah bentuk produksi acara yang lengkap baik ambience, content visual, gimmick dan lain sebagainya.

Sebagai contoh sebuah konsep perayaan Imlek yang di gagas Event Organizer Bumbu Berkomunikasi tahun lalu adalah sebuah acara bisnis yang di kemas secara fun dan cukup memorable bagi sebuah perusahaan dan networkingnya. Sebuah event distributor gathering perusahaan yang diselenggarakan di awal tahun Naga mempunyai eksekusi yang cukup unik yaitu dengan hadirnya karakter-karakter film Kungfu Panda pada acara tersebut (nah lho..) Apa korelasinya Kungfu Panda dengan Perayaan Imlek pada saat itu? Apalagi berkaitan dengan tahun Naga? Mungkin sebagian orang yang akan sadar korelasinya apabila mereka sudah melihat dan mengetahui inti film Kungfu Panda tersebut.

Namun diluar hal-hal tersebut, kemasan event yang “out of the box” seperti inilah yang membuat sebuah event organizer mempunyai tempat sendiri di mata klien dan membuat sebuah acara perayaan Imlek menjadi sebuah “experience” yang tidak terlupakan oleh tamu dan pengguna jasa event organizer.

Nah untuk perayaan Imlek tahun ini seperti apa ya? Ayo berkreasi!…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *