Permainan Outbound di Team Building

Team Building seperti di bahas pada artikel sebelumnya merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi yang bertujuan supaya seluruh karyawan atau anggota dalam organisasi  tersebut menjadi lebih solid, lebih saling memahami, lebih produktif dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan atau tantangan. Dalam rangkaian acara itu terdapat permainan team building yang apabila dilakukan di luar ruang diselingi dengan kegiatan yang cukup menantang seperti flying fox, arung jeram dsb orang lebih familiar dengan menyebutnya sebagai permainan outbound.

Nah sebenarnya tujuan permainan outbound ini sama dengan tujuan diselenggarakan rangkaian acara team building tersebut. Outbound sendiri berasal dari kata “Outward Bound” yang pada awalnya merupakan program pelatihan anak buah kapal salah satu pelayaran di Inggris. Pelatihan dilakukan tidak hanya di laut tetapi juga di darat yang berupa petualangan di alam, selama 26 hari.  Namun karena nama tersebut sudah di patenkan dan tidak semua orang bisa menggunakannya makan orang banyak menyingkatnya menjadi Outbound.

Selain untuk tujuan kelompok, sebuah permainan outbound akan memberikan kontribusi dengan memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Sehingga tidak hanya kekuatan sebuah team yang di upgrade tapi juga setiap individu di dalam team tersebut.

Dalam outbound, permainan itulah yang merupakan media yang digunakan untuk memunculkan hasil yang diharapkan di atas. Hal inilah yang disebut dengan metode “experiental learning” yaitu memberikan pengalaman langsung kepada peserta dengan simulasi permainan outbound sehingga mereka bisa merasakan kesuksesan maupun kegagalan dalam melaksanakan tugas secara “real time”

Rangkaian acara permainan outbound biasanya berupa segmen – segmen yang terdiri dari Ice breaking, grouping, competition games yang berupa pos – pos tantangan yang didesain sedemikian rupa sesuai dengan objective yang ingin di capai. Masing – masing segmen mempunyai fungsi yang berbeda-beda, sesi Ice Breaking biasanya berupa aktivitas kecil sebagai pembuka permainan outbound yang bertujuan agar peserta acara mengenal peserta lain dan merasa nyaman dengan lingkungannya. Kegiatan ini biasanya sangat fun dalam bentuk permainan sederhana yang menghidupkan suasana. Grouping berfungsi membagi sebuah kelompok besar menjadi kelompok-kelompok kecil, cara membuat kelompok kecil tersebut biasanya dengan permainan juga yang cukup interaktif. Sedangkan competition games di pos-pos itu merupakan konten utama sebuah permainan outbound, bentuknya bisa cukup banyak, bermacam-macam dan terus berkembang sesuai ide kreatif yang dimunculkan.

Saking banyaknya permainan outbound kadang provider outbound mempunyai sesi tersendiri dengan klien khusus untuk memilih permainan – permainan outbound sehingga setiap rangkaian acara team building benar-benar “customized” sesuai dengan objective yang diberikan klien. Baru setelah semua acara tersebut selesai biasanya di tutup dengan sebuah kegiatan yang cukup menantang seperti flying fox, arung jeram atau paint ball.

Untuk itu apabila menginginkan acara team building yang sukses didukung dengan permainan outbound yang kreatif, fun dan inspiratif konsultasikan keinginan anda dengan provider team building yang profesional dibuktikan dengan track record yang jelas.

Salam!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *