Show Management Event Organizer

Dalam dunia eo atau event organizer, kehadiran sebuah tim show management pada saat ini sudah menjadi suatu keharusan bahkan sudah menjadi menu utama untuk setiap event yang berlangsung, baik itu skala menegah apalagi skala besar.Tim show management yang handal dan profesional akan sangat menentukan lancar atau tidaknya acara yang dikemas dan direncanakan oleh sebuah event organizer secara berbulan-bulan, persiapan sebuah event yang memakan energi cukup lama itu bisa sia-sia apabila tidak ter-manage dengan baik karena pembuktian suatu perencanaan event yang panjang kadang hanya terlihat dalam waktu yang singkat bahkan bisa tidak lebih dari 3 jam.

Trus apa sih sebenernya show management itu? Secara harafiah show management adalah suatu pekerjaan untuk mengatur sebuah show/ pertunjukan yang berlangsung di atas panggung ataupun media pertunjukan “live” lainnya. Show Management biasanya terdiri dari sebuah tim, ¬†yang terdiri dari show director, stage manager, floor crew, backstage crew, liaison officer / LO, video operator, sound engineer, lighting designer, dan sebagainya. Sebuah event organizer atau EO kadang bisa menyewa sebuah tim show management yang lengkap atau hanya orang-orangnya saja, misalnya hanya seorang show director, stage manager atau bahkan LO atau liaison officer untuk menghandel urusan talent / artis pengisi acara. Hal ini tergantung dari besar kecilnya acara atau dari alokasi budgetnya, atau mungkin tim dari event organizer sendiri sudah mumpuni sebagai crew tapi memerlukan arahan seorang show director yang handal.

Mungkin sebagian besar orang masih belum memahami seberapa penting profesi atau service sebuah tim show management tersebut atau kadang klien menanyakan kenapa ada item show management di dalam budget yang diajukan event organizer, “kan semuanya sudah di arrange oleh EO?” itu biasanya kilah mereka, hal ini bisa terjadi dikarenakan kurangnya edukasi atau ketidakpahaman mereka mengenai makna show management itu sendiri. Sebuah event organizer memang menyiapkan acara semenjak mereka ditunjuk dan diberikan pekerjaan oleh sang klien hingga akhir acara, pekerjaan event organizer memang sangat luas cakupannya dan sangat kompleks, misalnya sebuah acara gathering mereka mulai memikirkan dari undangan, gimmick, treatment waktu kedatangan, ambience, desain panggung dsb sedangkan sebuah tim show management “hanya” memikirkan pada saat pertunjukannya saja. Tapi pentingnya disini adalah semua hal yang sudah dipersiapkan oleh EO tersebut “wajah” yang dilihat adalah lancar atau tidak jalannya pertunjukan atau acara di panggung. Misal semua persiapan sudah sempurna tetapi pada saat seorang direktur speech trus terjadi kesalahan pada sound system sehingga tidak menyala, atau visual yang tidak sesuai, atau pemberian award yang tidak sesuai dengan pemenang, semua hal itu adalah fatal dan menjadi sebuah bencana.”Hanya” karena itu, sebuah persiapan panjang acara akan tidak nampak lagi oleh klien, yang ada malah di komplain sana-sini, sampai-sampai bisa merembet ke pembayaran malah…hadeh pusing kan? itu namanya gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga….

Untuk itulah disini jasa sebuah tim show management yang profesional sangat diperlukan, karena balik lagi ke hal diatas, udah mikir capek-capek, effort sudah berbulan-bulan tapi gara-gara kesalahan 1 menit bisa rusak mood klien dan seluruh acara… jangan sampe deh! Makanya musti pinter-pinter event organizer berkilah untuk mempertahankan service ini ada di dalam budget, entah pada akhirnya nanti di kerjakan sendiri atau hire orang lain ya walahualam, akhirnya balik lagi it’s all about business and service, ya gak?

Salam

<D>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *