Wakatobi : tantangan sebuah event organizer

Event organizer yang menyelenggarakan sebuah event di kota besar dengan segala kelengkapannya adalah hal biasa, tapi sebuah event organizer dengan penyelenggaraan event di sebuah pulau terpencil dengan segala keterbatasannya itu baru luar biasa, seperti yang dilakukan oleh event organizer jakarta Bumbu Berkomunikasi berikut. Yuk sharing…

Wakatobi.. mungkin belum begitu banyak orang yang mengenal, namun bagi kalangan pecinta keindahan bawah laut wakatobi yang terletak di ujung kaki kanan pulau Sulawesi ini merupakan salah satu surga bawah laut yang paling elok sedunia. Bahkan Wakatobi sudah jauh dikenal sebelum Raja Ampat yang sekarang baru menjadi trend di kalangan pecinta wisata bawah laut. Wakatobi terdiri dari 4 pulau utama yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Biongko. Sebagai sebuah kabupaten bisa di bilang di Wakatobi sudah cukup ramai dengan jalan utama ber aspal serta aliran listrik yang kadang mati kadang nyala (haha). Kehidupan berjalan layaknya di kota-kota lain di Indonesia dan pariwisata merupakan salah satu andalan dari wilayah ini. Di pulau wangi-wangi sebuah resort yang cukup terkenal juga ada yaitu Patuno Resort dengan berbagai pilihan akomodasi yang menarik.

Di pulau Wangi-wangi inilah sebuah event pada beberapa saat yang lalu di selenggarakan, tepatnya berlokasi di Patuno Resort yang merupakan satu-satunya tempat yang layak untuk menyelenggarakan sebuah event perusahaan berskala internasional. Nah terus apa saja tantangan event organizer untuk menyelenggarakan acara di sana? Sebenarnya apabila acara yang diselenggarakan hanya jalan-jalan dan snorkeling atau diving hal itu tidak menjadi masalah. Namun yang diminta kepada event organizer adalah penyelenggaraan sebuah event seperti hal nya di kota-kota besar dengan segala kelengkapannya yaitu dekorasi panggung, sound system, lighting, multimedia serta talent artis nasional.

Sedangkan kendala yang ada antara lain : pesawat hanya 1x penerbangan dalam 1 hari (itupun pesawat kecil) dan seminggu hanya 5x, tidak ada jasa penyewaan kelengkapan acara seperti sound, lighting dan multimedia yang memadai disesuaikan dengan kebutuhan standar raiders dari talent. Dengan melihat hal itu walhasil seluruh produksi acara harus diambil dari kota terdekat yang mempunyai kelengkapan alat yang cukup yaitu di Kendari atau Makasar, yang berpengaruh tentunya di transportasi. Apalagi kalau melalui darat/ laut membutuhkan waktu sekitar dua hari dengan dua kali menaiki kapal ferry.

Dengan semua keterbatasan diatas sebuah event organizer dituntut untuk dapat memanage dengan baik seluruh kebutuhan produksi dan penyelenggaraan event kliennya. Pemilihan partner yang tepat, vendor, dan pengalaman yang cukup lama akan dibuktikan dengan tingkat kesuksesan sebuah acara yang diselenggarakan. Dan menurut saya ajang pembuktian kualitas sebuah event organizer adalah di tempat-tempat penyelenggaraan yang seperti ini dengan segala keterbatasannya.

Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *