• Proposal event di Jakarta Fair 2014
  • Proposal event di Jakarta Fair 2014

Proposal Event adalah jiwa dari sebuah eksekusi kreatif event organizer yang menjawab tantangan sebuah pitching event yang diselenggarakan oleh klien. Klien yang mempunyai kepentingan untuk mendapatkan awareness sebanyak-banyaknya akan men-challenge event organizer untuk memberikan keunggulan dalam memenangkan sebuah pertempuran kreatif yang memikat target audience. Oleh sebab itu sebuah proposal event yang kreatif, komprehensif dan memikat selera target audience akan memenangkan hati klien untuk memilih sebuah event organizer profesional untuk menghandel event mereka.

Apalagi untuk sebuah event sebesar Jakarta Fair 2014, Jakarta Fair yang pada tahun sebelumnya masih bernama Pekan Raya Jakarta dikenal sebagai salah satu event terbesar dan terlama di Indonesia dengan jumlah pengunjung berjuta-juta orang dengan transaksi mencapai milyaran hingga trilyun rupiah. Di Jakarta Fair inilah kesempatan bagi sebuah merek untuk berlomba mendapatkan perhatian calon customer yang kemudian di konversikan menjadi sebuah selling. Strategi sebuah event organizer untuk selalu menarik perhatian potensial customer inilah yang disajikan dalam sebuah proposal event yang kreatif.

Salah satu contohnya adalah Yamaha. Salah satu merek sepeda motor papan atas di Indonesia ini berusaha menarik perhatian calon customer dengan membuat sebuah program activation yang unik. Tujuan utamanya adalah memberikan waktu kepada tim sales untuk memberikan product knowledge dan berusaha menarik audience sehingga terjadi pembelian. Proposal event yang di eksekusi oleh event organizer jakarta Show Nation ini menyajikan berbagai hal unik antara lain Augmented Reality, Challenge Box, dan berbagai macam hiburan untuk semakin menarik perhatian pengunjung. Hal ini terbukti sukses dengan terjadinya penjualan pada produk yang hampir memenuhi target yang diberikan oleh pihak klien.

Namun demikian,¬†hebatnya sebuah proposal event tidak selalu berbanding lurus dengan target yang akan di capai. Karena kembali lagi, laku atau tidaknya sebuah produk/ merek ditentukan oleh berbagai faktor, dan faktor paling utama adalah bagus atau tidaknya sebuah produk itu sendiri, kompetitif atau tidaknya harga dengan pesaing-pesaingnya, dan seberapa bagus juga strategi promosinya. Tugas sebuah event organizer dalam menyajikan proposal event yang kreatif hanya sebagai pendukung supaya sebuah produk atau brand dapat mencuri perhatian lebih pada saat eksekusi event, apalagi di sebuah event besar seperti Jakarta Fair 2014 yang sangat “crowded” dengan kompetitor-kompetitor yang menyajikan hal yang serupa.

Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *